Karya Siswa SMK N 1 Demak Berbagi info seputar SMK N 1 Demak | SMKN1Demak | SMKN 1 Demak

Karya Siswa SMK N 1 Demak Berbagi info seputar SMK N 1 Demak | SMKN1Demak | SMKN 1 Demak
Loading

Wasanawarsa Ajang Kreatifitas Siswa

Diposkan oleh surya yanto on Thursday, April 19, 2012

Share on :

Wasanawarsa ajang kreatifitas siswa - Wasanawarsa merupakan gabungan kata yang berasal dari bahasa jawa yaitu wasana dan warsa. Di ma na wasana berarti akhir dan warsa adalah tahun, jika di artikan keseluruhan wasanawarsa adalah sebuah kegiatan yang diselenggarakan guna mengakhiri atau menutup tahun. Di SMK N 1 Demak kegiatan wasanawarsa sudah menjadi tradisi tersendiri yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya dengan tujuan proses belajar mengajar setiap periode.

Untuk mengoptimalkan potensi para siswa, kegiatan wasanawarsa di SMK Negeri 1 Demak diselenggarakan dengan menampilkan berbagai macam kreatifitas dari elemen ekstrakulikuler dalam satu kemasan. OSIS yang merupakan wadah formal yang diharapkan dapat menampung kreatifitas siswa, tentunya mrmpunyai andil banyak dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Karena kegiatan  tersebut sudah terekam dalam program kerja OSIS yang telah disusun dalam satu periode jabatan.

Walaupun kegiatan wasanawarsa ini identik dengan kata perpisahan, namun sebenarnya mrmiliki tujuan sebahai usaha untuk mrnhoptimalkan potensi serta kreatifitas para siswa yang sekaligus di harapkan dapat menghadirkan kesenangan dan kenanhantersendiri bagi para siswa kelas XII nantinya. Selain itu kegiatan wasnawarsa juga diselenggarakan untuk lebih bisa mempererat hubungan kekeluargaan antar siswa khususnya dan seluruh warga SMK Negeri 1 Demak umumnya.

Tahun ini SMK N 1 Demak telah menyelenggarakan kegiatan wasanawarsa untuk yang kesekian kalinya. Selasa 10 mei 2011 berbagaiekstrakulikuler yang ada di SMK N 1 Demak diberi kesempatan untuk menakmpikan kreatifitas nya baik dibidang seni dan budaya,  karya ilmiah, maupun olah raga untuk memeriahkan kegiatan tersebut. Dengan mengangkat tema “ cita cinta SMK”, seakan jadi panjatan doa bagi panitia agar kedepanya SMK Negeri 1 Demak menjadi lebih baik dari masa ke masa.

Wasanawarsa yang di adakan setelah Ujian Nasional itu dimulai dengan menampilkan band-band intern SMK Negeri 1 Demak yang tergabung dalam ekstrakulikuler band dilanjutkan tari sri panganti dati ekstrakulikuler seni taei sebagai pembuka, ditambah dengan tari buto cakil seolah membuat para tamu lebih antusias untuk mengikuti acara tersebut. Apalagi saat pertunjukan drama musical, perpaduan berbagai ide dari ekstrakulikuler theater, band, solo song, modeling, karate serta monolog yang di kemas menjadi satu, seakan menghipnotis para penonton untuk tidak melewatkan rangkaian demi rangkaian kegiatan tersebut.
Wasanawarsa kali ini memang terkasan berbeda, begitun cara pelepasan yang dilakukan untuk kelas XII, dengan menerbangkan burung merpati dari sangkarnya, seperti memberikan symbol bahwa para guru berharap besar agar lulusan nanti selalu semangat serta terbang tinggi dalam menggapai seluruh angan dan cita-citanya.

Sementara itu, rasa lelah panitia dari perencanaan hingga evaluasi kegiatan pun rasanya terbayar sudah, betapa tidak? Sejak pukul 07.00-14.15WIB, acara demi acara berlangsung secara lancar, “selamat dan terimakasih saya ucapkan, karena kalian semua sudah berhasil melaksanakan kegiatan wasanawarasa ini dengan baik dan lancer”. Ujar Dra.Sulistiyorini, M.Pd selaku waka kesiswaan SMK Negeri 1 Demak beberapa menit setelah acara selesai. Maka tidak salah memang jika kegiatan wasanawarasa dikatakan dari tahun ke tahun semakin baik dan teratur. Semoga wasanawarsa yang insya’allah akan di adakan pada tanggal 8 Mei 2012 nanti bisa lebih baik dan bagus dari tahun sebelumnya, amin.

Artikel tersebut adalah artikel yang saya kutip dari sebuah majalah Pelangi SMK dari sekolah SMK N 1 Demak yang di buat oleh teman saya yang bernama Muhammad Choirul Basyari, artikel tersebut berjudul Wasanawarsa ajang kreativitas siswa.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan Beri Saran Saudara Kepada kami